calon mahasiswa

Mahasiswa DKV dibina dan diarahkan, sesuai capaian pembelajaran dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi, agar menjadi lulusan yang:

  • Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu
    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang DKV secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah.
  • Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi
    dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  • Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.


Prospek Profesi

Creative Director | Art Director | Design Consultant | Creativepreneur

Di berbagai bidang di Industri Kreatif

Mengapa Desain Komunikasi Visual UK Petra ini
DKV UK Petra adalah program DKV pertama bergelar sarjana di wilayah Timur Indonesia. DKV UK Petra memiliki akreditasi tertinggi (Nilai A) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dari Kemenristekdikti RI, dan sekaligus ada dalam universitas yang juga terakreditasi institusi A, yaitu Universitas Kristen Petra.


Proses studi di DKV UK Petra fun and challenging, dan mahasiswa berkesempatan untuk memberikan solusi kreatif untuk berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. Dengan akreditasi A, DKV UK Petra selalu mengembangkan dan meningkatkan banyak aspek dari proses pendidikannya, dari kurikulum, sarana dan prasarana, metode kreatif, sampai dengan networking.

Penekanan pendidikannya ada pada penguasaan desain grafis dan teknologi grafika, grafis, multimedia dan audio visual, riset dan strategi marketing komunikasi visual produk dan jasa, penggalian kekayaan lokal, eksplorasi kreatif dan inovatif, pengalaman internasional, serta kemandirian yang profesional.

Karya-karya terbaik mahasiswa sering dipamerkan dan ikut dalam berbagai ajang lomba nasional dan internasional. Berbagai prestasi DKV UK Petra telah diraih, antara lain gelar Caraka of the Year 2014 dan Indonesia's Best School of Visual Communication Design 2014 kategori Program Studi terakreditasi A versi majalah Mix Marketing Communications dan Business Digest (SWA Media Group). Secara rutin DKV UK. Petra juga menjalin Pameran Tugas Akhir Mahasiswa sebagai bentuk apresiasi terhadap mahasiswa yang telah menyelesaikan studi mereka selama 4 tahun.

DKV UK Petra memiliki jalinan kerjasama dengan berbagai kalangan institusi, asosiasi, usaha, dan jejaring luas alumni, di dalam dan luar negeri. Hal ini sangat mendukung proses rekrutmen untuk kerja praktek maupun karir profesional lulusan dan networking dalam berwirausaha.

Program Joint/Double Degree ditawarkan lewat kerjasama dengan Saxion University, Netherlands dalam program Art and Technology (3 tahun di UKP + 1 tahun terakhir dilakukan di Saxion, mendapatkan gelar ganda. Selain itu banyak kesempatan internasional lainnya, seperti summer and exchange programs lewat berbagai tawaran di universitas.