NPES Printpack Outlook Conference 2016

31 Okt 2016

Pada 5 Oktober 2016 di JIEXPO Kemayoran Jakarta telah berlangsung pameran megah bertema printing dan packaging. Serangkaian acara digelar selama pameran yang berlangsung  4 hari ini yang dimulai dari tanggal 5 – 8 Oktober 2016, seperti: Seminar NPES Printpack Conference dan Asian Symposium Printing Technology. Pameran ini diikuti dan dihadiri oleh orang-orang dari berbagai negara, baik itu adalah produsen maupun konsumen. Perwakilan dari DKV UK Petra, Surabaya berkesempatan untuk hadir mengunjungi pameran dan juga ikut serta dalam seminar-seminar yang diadakan.

Seminar pertama yang diikuti adalah NPES Printpack Conference yang diadakan pada tanggal 6 Oktober 2016. Acara dimulai kurang lebih pukul 11.30. NPES Printpack Conference membicarakan seputar masalah packaging yang ada di seluruh dunia, tantangan, tren, dan peluang beserta solusi-solusi yang telah dilakukan yang mungkin bisa membantu memancing ide untuk menemukan solusi dari masalah serupa di lain tempat. Seminar ini menghadirkan sebanyak 10 pembicara dari berbagai latar belakang dan pada akhir seminar dilakukan diskusi panel yang menghadirkan 3 orang perwakilan dari produsen sejumlah brand besar di Indonesia, yang mendusikusikan peluang dan tantangan pasar dalam industri kemasan di Indonesis. NPES merupakan singkatan dari National Printing Equipment Association yang dibentuk di Amerika pada tahun 1933. Asosiasi ini adalah asosiasi perdagangan yang beranggotakan lebih dari 600 pabrik, importir dan distributor bidang Printing, Publishing and Converting Technologies. NPES sendiri peduli terhadap transformasi ilmu dan pengetahuan di bidang percetakan, bahkan menyediakan beasiswa tertentu bagi pengembangan dunia grafika. Saat ini NPES yang memiliki cabang di Indonesia merupakan pihak yang turut bertanggung jawab atas terselenggaranya kegiatan ini. Seminar ini ditutup dengan melakukan foto bersama pembicara dan para peserta.

Seminar kedua adalah Asian Symposium Printing Technology yang berlangsung pada tanggal 7 Oktober 2016, hari Jumat dimulai dari pukul 9.30 pagi. Seminar ini menghadirkan pembicara dari negara-negara di kawasan Asia seperti Cina, Jepang, Korea, Thailand, Singapura dan Malaysia. Para pembicara mewakili masing-masing negara tersebut mendiskusikan tren dan mempresentasikan hasil penelitiannya di depan para peserta lain. Selain itu terdapat beberapa mahasiswa perwakilan yang juga tak mau kalah dalam mempresentasikan poster penelitian mereka. Sebagian besar dari pembicara yang hadir, mempresentasikan hal teknis, termasuk mengangkat isu eco-friendly dalam dunia printing. Seminar ini diakhiri dengan melakukan tour keliling pameran yang sedang berlangsung (Maya/Astha).

 


Close previewer