Talkshow Innovative and Effective Brand Management

27 Nov 2017

Berkunjung kembali ke UK Petra, Bapak Mendiola B. Wiryawan datang dengan membawa topik yang sedang hangat di tengah tugas-tugas perkuliahan. Mahasiswa DKV angkatan 2015 yang sedang berkutat dengan mata kuliah DKV 3, terlihat antusias mendengarkan seminar yang dipaparkan pendiri Mendiola Design Associates ini. Tak hanya itu, mahasiswa mata kuliah pilihan brand communication dan beberapa mahasiswa angkatan muda terlihat mengikuti seminar tersebut.

Di tengah perkembangan jaman, menjadi seorang Brand Management dituntut untuk bisa menjadi efektif dan inovatif. Mengapa demikian? Karena seorang desainer komunikasi visual dikatakan berhasil apabila mampu membawa solusi yang efektif dan inovatif dalam setiap karyanya. Seperti halnya dalam branding. Branding bukan hanya semata-mata produk yang terlihat indah di mata, melainkan mampu membangun sebuah reputasi terhadap sebuah brand, merk, produk, atau bahkan pribadi seseorang. Sebuah branding dikatakan baik apabila mampu membangun reputasi yang baik juga. Mengambil contoh kasus salah satu project miliknya, yakni re-branding merk air mineral Pristine, mahasiswa diperlihatkan bagaimana sebuah branding mampu membangun reputasi baru yang lebih baik.

Seperti yang diketahui, Pristine merupakan salah satu merk air mineral. Pristine masih belum memiliki branding yang baik, sehingga tidak semua orang tahu keunggulan air mineral ini. Akibatnya, orang menganggap bahwa Pristine sama halnya dengan air mineral lainnya. Padahal, air mineral Pristine memiliki keunggulan utama, yakni merupakan air mineral alkaline dengan PH 8+ yang bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh. Air mineral ini diproses dengan teknologi tinggi dari Jepang. Setelah serangkaian proses riset, maka lahirlah wajah baru pristine. Rebranding ini menggambarkan Pristine sebagai sosok wanita muda yang peduli terhadap kesehatan, aktif dan rajin berolah raga. Sungguh sebuah re-branding yang sukses akan membawa pengalaman baru bagi konsumennya.

Sebuah branding yang sukses tentu melewati berbagai macam proses yang panjang. Salah satu yang dibagikan oleh Bapak Mendiola adalah proses grouping. Proses grouping yaitu dengan mengelompokan beberapa brand atau produk yang memiliki kesamaan dari segi tampilan, kualitas, dan sebagainya. Melalui proses grouping, seorang desainer komunikasi visual akan lebih mudah mencari keunikan apabila hendak menempatkan sebuah produk atau brand di tengah-tengah pasar. (Pie)


Close previewer