Belajar ke Negeri K-Pop: Kunjungan ke Dongseo University

28 Agu 2018

Korea negeri yang lebih dari sekadar K-Pop, setidaknya itulah yang dirasakan oleh para mahasiswa Desain Komunikasi Visual dan International Program in Digital Media (IPDM) langsung dari studi ekskursi internasional tahun ini yang membawa mereka ke Busan dan Seoul. Studi ekskursi internasional bertajuk "Seek and You Will Find," yang diadakan dari tanggal 5 Agustus hingga 12 Agustus, membawa para mahasiswa ke berbagai tempat budaya yang menarik seperti Istana Gyeongbok, Museum Seni Busan, Museum Nasional Seni Modern & Kontemporer, Museum Mahnwa, Museum Film Korea, dan Stasiun Penyiaran MBC . Apa yang dilihat mahasiswa tersebut adalah studi tentang hal-hal fundamentak yang membentuk Korea saat ini. Sementara kunjungan ke pusat kemajuan teknologi Korea seperti Hyundai Motor Studio dan kantor pusat SK Telecom di Seoul menampilkan kilasan tentang kemungkinan masa depan di Korea. Bersama-sama, mereka memaknai dan memahami Korea saat ini sebagai tempat, negara, dan bangsa.

Namun, memahami suatu bangsa tidak lengkap tanpa memahami rakyatnya. Sebuah kunjungan ke Dongseo University di Busan memberikan mahasiswa kesempatan untuk bertemu, berinteraksi, dan belajar dari rekan-rekan mereka di Dongseo University. Interaksi dan komunikasi yang mereka bangun selama kegiatan sehari penuh dengan mahasiswa Korea dari Departemen Desain Komunikasi Visual di Dongseo University, menyediakan jembatan pengetahuan, pemahaman, dan saling menghormati satu sama lain.

Apa yang dialami para siswa, semoga, memberikan wawasan dan inspirasi dari apa yang ada di Korea. Sebuah negara lebih dari sekedar terkenal dengan budaya popnya. Pengalaman yang telah mereka pelajari di Korea, telah menemukan cara memperkaya pengetahuan mereka, semangat mereka, ketekunan mereka untuk menjadi lebih baik sebagai mahasiswa, sebagai pribadi, sebagai sebuah bangsa.

Informasi lebih lanjut tentang International Program in Digital Media (IPDM), kunjungi:  digitalmedia.petra.ac.id


Close previewer