Utovia 3.0, SE Nasional DKV yang Seru Abis!

25 Mar 2019

Mata Kuliah Pilihan merupakan mata kuliah yang akan dipilih oleh mahasiswa semester 5 yang sesuai dengan potensi dan minat dari mahasiswa tersebut. Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen Petra memberikan 18 pilihan MKP seperti Branding, Advertising, Fotografi, Packaging, dsb. Dengan banyaknya ragam pilihan MKP ini, mahasiswa dapat semakin leluasa dalam memilih minat sesuai dengan bakat yang ingin digali lebih dalam lagi. Namun disatu sisi, banyaknya pilihan ini menimbulkan dilema dalam hati para mahasiswa.

Oleh karena itu setiap tahun, DKV UK. Petra selalu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk ikut serta dalam kegiatan Studi Ekskursi. Tujuan dari studi ekskursi ini adalah untuk mengenal lebih jauh mengenai mata kuliah pilihan di dunia kerja. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan inii, mahasiswa dapat memutuskan mata kuliah pilihan mana yang akan mereka tempuh.

Tahun ini, Desain Komunikasi Visual melakukan perjalanan Studi Ekskursi ke Jakarta. “UTOVIA 3.0”, sebutan Studi Ekskursi DKV tahun ini yang berlangsung selama 7 hari. Total peserta yang turut berpartisipasi dalam acara ini berjumlah 52 mahasiswa. Perjalanan ini dipandu oleh 2 dosen DKV UK. Petra, Asthararianty, S.Sn, M.Ds, serta Elisabeth Christine Yuwono, S.Sn, M.Hum.

Selama Studi Ekskursi, tiap harinya terdapat 2 kali kunjungan ke perusahaan - perusahaan di Jakarta. Total kunjungan tahun ini sebanyak 14 kunjungan, antara lain Thinking Room, Olrange, Caravan, Studio 47, Samafitro, Danjyo Hyoji dan perusahaan - perusahaan lainnya. Tahun ini, kita juga berkesempatan untuk dapat mengunjungi kantor GO-JEK, salah satu  usaha in house terbesar di Indonesia.

Selain berkunjung ke perusahaan-perusahaan tersebut, ada 1 sesi acara yang selalu di adakan di setiap Studi Ekskursi yaitu Temu Kangen Alumni. Diadakan di malam hari, dimana para alumni ini dihadirkan untuk dapat bercerita mengenai bagaimana pengalaman mereka saat kuliah dulu dan juga saat mereka sudah bekerja. Pertemuan ini selain menjadi ajang untuk temu kangen, tapi juga menjadi ajang untuk lebih mengeratkan kebersamaan antara DKV dengan alumni dan juga mahasiswa.

Banyak pengalaman seru yang tentunya didapatkan oleh peserta Studi Ekskursi tahun ini. Mulai belajar lebih dalam mengenai pola berpikir branding di SOSJ, bertukar pikiran bersama fotografer ternama Glen Prasetya (Studio 47), melihat lebih dalam di dunia Digital Imaging di studio Tanda Seru, hingga mengenali berbagai macam finishing printing di Samafitro. Banyak dari peserta yang sudah mantap akan pilihan MKP yang akan mereka ambil di semester depan dan tak sedikit pula dari mereka yang memiliki keyakinan akan pekerjaan apa yang akan mereka tuju seusai menempuh pendidikan di DKV UK. Petra. (AJ-Ing)


Close previewer