SE Internasional 2019

22 Jul 2019

Studi Ekskursi Internasional merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan program studi Desain Komunikasi Visual dengan tujuan memperluas wawasan mahasiswa baik mengenai industri kreatif global, mendapat kesempatan di industri kreatif global maupun kebudayaan dari negara yang dikunjungi serta dapat memberikan referensi dan perbandingan pembelajaran bagi Program Studi Desain Komunikasi Visual sehingga dapat berkembang menjadi lebih baik. SE Internasional yang berlangsung dari 29 Juni – 9 Juli 2019, diadakan di Korea Selatan.

Kunjungan studi pertama adalah ke KBS Hall, di tempat ini mahasiswa diberikan penjelasan sembari mengelilingi museum KBS. Mahasiswa juga dapat mencoba beberapa hal seperti: teknik pengambilan berita dan animasi secara singkat. Kunjungan dilanjutkan ke Gedung KBRI Korea Selatan, bertemu dengan staf kedutaan pada bagian kebudayaan dan seni, mahasiswa mendapatkan banyak informasi ada juga sesi tanya jawab dengan KBRI Korea. Perjalanan dilanjutkan dengan makan siang dan langsung menuju ke sungai Cheongyecheon yang memiliki nilai sejarah di Korea Selatan. Tidak jauh dari situ terdapat Seoul Tourism Center yang merupakan tujuan selanjutnya. Dongdaemun Plaza dengan arsitektur yang sangat terkenal adalah kunjungan terakhir untuk hari ini.

Mahasiswa juga merasakan secara langsung budaya tradisional Korea di Gyeongbok Palace dengan mencoba menggunakan Hanbok (pakaian tradisional Korea Selatan). Kunjungan hari ini dilanjutkan ke studio desain grafis yaitu Triangle Studio. Kunjungan berlangsung selama 2 jam. Kunjungan akhir dari hari ini adalah Starfield Library yang terkenal dengan bangunannya yang megah dan artistik.

Bagi mahasiswa yang tertarik di bidang animasi, kunjungan ke Seoul Animation Center adalah yang dinanti–nanti. Di tempat ini mahasiswa banyak melihat dan merasakan perkembangan dunia animasi, khususnya di Korea Selatan. Tak lupa, mahasiswa juga dibawa menikmati Everland; salah satu taman hiburan terbesar di Korea Selatan.

Di hari berikutnya, mahasiswa diajak untuk berkunjung ke Dankook University. Kunjungan ke Dankook ini juga merupakan salah satu upaya dari UK. Petra untuk menjalin kerjasama internasional. Diharapkan akan lahir program–program kerjasama antara dua universitas. Setelah dari Dankook University, peserta juga dibawa mengunjungi Nam Jun Paik Art Center dan Naver Library.

Keesokan harinya, kunjungan dilanjutkan menuju ke National Folklore Museum of Korea dan Museum of Modern and Contemporary Art. Kunjungan berlangsung lama karena museum-museum tersebut sangat besar dan memiliki karya seni yang menarik.

SE Internasional ditutup dengan kunjungan terakhir ke Petite France dan Nami Island. Peserta SE Internasional kembali ke Indonesia dengan membawa cerita dan pengalaman yang tidak ternilai (MN).


Close previewer