Nuraga 2022

09 Mei 2022

 

Nuraga merupakan kegiatan pengabdian masyarakat baru yang dibuat oleh gabungan tiga hima Universitas Kristen Petra. HIMPUNAN MAHASISWA yang terlibat adalah HIMAVISTRA, HIMAINTRA, dan HIMAGUDATRA. Kegiatan pengabdian masyarakat kami kali ini bekerja sama dengan mitra SLB Harapan Bunda. Bentuk pengabdian masyarakat kami adalah dengan membantu menyediakan media pembelajaran yang menarik untuk teman-teman ABK autisme untuk melatih kemampuan sensorik, motorik, dan literasi yang lebih baik. Selain itu, media pembelajaran yang kami sediakan juga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Tema yang kami bawakan adalah ‘Mi Casa Es Tu Casa’ yang berarti rumahku adalah rumahmu. Hal tersebut menggambarkan makna dan harapan untuk peserta dan anak berkebutuhan khusus autisme seperti keluarga yang memiliki rasa simpati dan berbagi rasa satu sama lain. Bentuk simpati dan berbagi rasa tersebut dapat kami wujudkan melalui kegiatan pengabdian masyarakat Nuraga ini dengan cara membantu meningkatkan budaya literasi dan motorik dari anak-anak berkebutuhan khusus autisme. Selain itu, media pembelajaran ini juga diharapkan dapat membuat anak-anak tersebut lebih tertarik dalam mengikuti proses belajar dan menolong mereka agar cepat tanggap dan paham akan materi yang disampaikan. Melalui cara belajar yang menyenangkan dengan media yang variatif mengkombinasikan visual dan tulisan yang dapat membuat anak-anak tersebut tidak merasa bosan.

Kegiatan pengabdian masyarakat kami mulai dengan Technical Meeting pada hari Senin, tanggal 9 Mei 2022. Kemudian dilanjutkan dengan membuat bentuk media pembelajaran yang berupa Kartu Visual Objek, Komik Edukasi, dan Buku Keseharianku, yang dapat melatih soft skill mereka yang dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 10 Mei 2022 sampai dengan Rabu 18 Mei 2022. Kegiatan ini kami rasa juga dapat mendukung para pengajar untuk mendidik anak-anak berkebutuhan khusus autisme. Manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan ini adalah anak-anak berkebutuhan khusus autisme memiliki kemampuan sensorik, motorik, dan literasi yang lebih baik. Pada hari Minggu, tanggal 22 Mei 2022 sampai dengan Selasa, 24 Mei 2022 panitia akan menyiapkan hasil final artwork peserta pengabdian masyarakat untuk diserahkan kepada mitra SLB Harapan Bunda pada hari Sabtu, tanggal 28 Mei 2022.

Melalui acara pengabdian masyarakat Nuraga ini kami berharap teman-teman mahasiswa lainnya dan juga masyarakat lebih peduli kepada anak-anak berkebutuhan khusus. Selain itu, masyarakat juga dapat termotivasi untuk membuat media pembelajaran menarik lain di masa mendatang. Melalui kegiatan ini juga kami berharap anak-anak berkebutuhan khusus dapat merasakan kesetaraan dan nyaman pada lingkup sosial. Semoga acara ini dapat menjadi motivasi bagi teman-teman dan masyarakat untuk lebih peduli kepada teman-teman ABK lainnya.

 

 


Close previewer