The Art of Reusable Things 2022

28 Mei 2022

The Art of Reusable Things, atau yang bisa disingkat TART, merupakan  kegiatan workshop online yang akan diselenggarakan oleh HIMAVISTRA pada Sabtu, 28 Mei 2022. Acara ini ditujukan bagi mahasiswa dari program studi Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Fashion dan Tekstil (DFT), dan International Program in Digital Media (IPDM) Universitas Kristen Petra angkatan 2019 hingga 2021 yang ingin mengetahui cara sederhana mendaur ulang plastik. TART sendiri memiliki konsep “Reuseable Plastic for Better Environment” dan mengangkat tema “Reuseable Plastic Art”. Kedua hal tersebut diangkat dari keadaan bumi sekarang, dimana ekosistem lingkungan mulai rusak dan limbah plastik yang semakin banyak.

Tujuan utama kegiatan TART ini adalah mengurangi sampah plastik yang terus melunjak di masyarakat. Salah satu sampah plastic yang paling sering ditemukan adalah sampah kantong plastic dalam berbagai ukuran. Sampah- sampah ini dapat ditemui di pinggir jalan bahkan di lautan. Kota Surabaya secara khusus telah meniadakan penggunaan kantong plastic di seluruh minimarket dan supermarket dan mengharuskan penggunaan totebag sebagai pengganti kantong plastic karena dapat dipakai berulang.  

Acara ini diharapkan juga agar dapat menjadi jawaban atas masalah yang ada dengan mengajarkan cara membuat totebag dari kantong plastic yang tentunya tetap memiliki nilai estetika sehingga tetap nyaman digunakan. Peserta juga diharapkan agar dapat lebih memahami mengenai cara pendaurulangan sampah plastik menjadi barang yang bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang, karena pada dasarnya plastik memerlukan waktu lama untuk terurai/rusak. Juga, peserta juga diajak untuk memikirkan hal-hal kreatif lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi limbah plastik.

TART juga menggandeng Rappo.id sebagai pembicara dan pemimpin workshop. Rappo.id sendiri adalah perusahaan social yang bergerak dalam mendaur ulang sampah menjadi barang yang dapat digunakan seperti totebag, dompet, dan lainnya. Rappo.id tentunya telah memiliki banyak pengalaman yang sesuai dengan tema TART dan akan berbagi tentang limbah plastic dan cara mengolahnya. Selain itu akan langsung dilanjutkan dengan mempraktikkan cara mengolah sampah kantong plastic menjadi totebag yang dapat digunakan untuk berbelanja ke minimarket dan supermarket terdekat. Informasi lebih lanjut bisa dilihat pada poster di bawah artikel ini


Close previewer