Pada tanggal 16 Oktober 2023, Program Studi Desain Komunikasi Visual mengadakan Studi Ekskursi (SE) ke Jakarta. Tujuan dari Studi Ekskursi ini adalah mengetahui bagaimana seluk-beluk dunia kerja industri kreatif di Jakarta. Berangkat dari Bandara Juanda, rombongan Inscape CERITA tiba di Jakarta pada pukul 11.00 dan langsung menuju ke destinasi pertama yaitu Future Creative Network (FCN). Di FCN, kami mendapatkan pemaparan materi terkait dengan FCN work ecosystem, work flow, dan pemaparan materi serta study case dari berbagai agency di bawah naungan FCN seperti FLOCK, FTW, dan Think of View (TOV). Pada kesempatan ini peserta bisa menilik sedikit project yang telah mereka kerjakan serta mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan campaign, cara brainstorming, dan ilmu berharga lainnya. Setelah dari FCN, rombongan singgah sebentar ke Central Park untuk refreshing sembari menunggu meredanya kemacetan di Ibu Kota.
Pada hari kedua kami menuju ke Spacemonkeys. Berbeda dengan FCN, Spacemonkeys adalah sebuah production house dengan klien-klien dan project yang tidak kalah menarik. Spacemonkeys fokus pada pembuatan animasi dan video production. Disini kami berkesempatan untuk mengetahui apa saja job descriptions di Spacemonkeys, production flow mulai dari brief masuk hingga diskusi dan eksekusi, tips and tricks yang berkaitan dengan animasi baik 2D maupun 3D, serta studi kasus. Disini salah satu study case yang dapat kita pelajari bersama adalah iklan Grab Modal Mantul. Setelah dari Spacemonkeys, kami menuju ke agency kedua yaitu Stoik Trisula. Stoik Trisula merupakan salah satu branding consultant yang sudah dipercaya oleh banyak klien. Di awal para peserta SE semua diberi pemaparan mengenai latar belakang dari nama Stoik Trisula. Setelah mereka mulai sharing mengenai project-project yang menantang dan menarik. Salah satu project menarik dari Stoik Trisula adalah mereka harus melakukan re-branding pada Taman Sentul yang merupakan pemakaman. Selain itu, Stoik Trisula juga dipercaya untuk melakukan re-branding untuk Taman Nasional Komodo. Di sini peserta SE mendapatkan pengetahuan baru mengenai cara melakukan riset, diskusi, dan eksekusi untuk suatu brand.
Berlanjut pada keesokan harinya di hari ketiga, kunjungan dilakukan ke salah satu rumah produksi dalam bidang fotografi, yaitu WAVE Studio. Dalam WAVE Studio kami diarahkan dan dijelaskan secara detail bagaimana sistem kerja dalam rumah produksi terutama dalam bidang fotografi. Tidak hanya itu, berbagai fotografer dalam tim WAVE Studio juga membagikan pengalaman berbagai project yang telah dikerjakannya. Pada kunjungan selanjutnya, kami mengunjungi studio animasi dan desain grafis yang bernama Cuatrodia Creative Studio. Sesi pertama diawali dengan pemaparan materi dari pengenalan Cuatrodia Creative Studio dengan production house workflow dijelaskan secara rinci. Beberapa project yang dikerjakan oleh Cuatrodia Creative Studio juga dijelaskan dan dijadikan sebagai study case. Iklan Gopay “Jaminan Saldo Kembali” sebuah animasi iklan produk GoPay dari Gojek menjadi salah satu study case yang menarik untuk dipelajari karena memiliki konsep yang menggabungkan gaya animasi Cuphead dengan elemen-elemen lokal. Kegiatan di hari ketiga ditutup dengan kunjungan ke salah satu mall di kawasan Bundaran H.I., yaitu Grand Indonesia.
Pada hari keempat, kunjungan pertama menuju ke Redcomm Indonesia. Redcomm Indonesia merupakan salah satu digital agency di Jakarta. Di Redcomm kami mendengarkan sharing dari Kakak-kakak Redcomm. Di sini peserta SE diberikan berbagai tips and tricks untuk berada di dunia industri kreatif. Di Redcomm juga menjunjung tinggi work-life balance di mana salah satu hal yang ditekankan adalah “if you’re tired, learn to rest not quit.” Setelah dari Redcomm, rombongan SE menuju ke PIK dengan lokasi tujuan Indonesia Design District yang terletak di PIK 2, dan merupakan Design District baru di Jakarta. Acara dilanjutkan dengan makan malam di PIK Pantjoran untuk menikmati makanan dan suasana di sana. Setelah itu rombongan kembali ke Hotel dan beristirahat untuk mempersiapkan hari esok.
Hari Kelima, hari Jumat, tujuan pertama adalah pameran Indonesia Contemporary Art and Design (ICAD) musim ke 13 yang mengusung tema Feel-Good Life di Grand Kemang. ICAD tahun ini mengusung tema pada emosi yang positif. Di pameran ini, setiap seniman mengusulkan sebuah proyek unggulannya masing-masing. Setelah puas melihat keindahan karya seni di ICAD, kami menuju ke agency tujuan terakhir kami yaitu Dentsu. Sama seperti agency sebelumnya, kami juga mendapatkan pemaparan materi dan study case. Sebagai penutup, kami diajak untuk berkeliling kantor Dentsu dan melihat kondisi tempat kerja Dentsu. Perjalanan kami belum selesai karena setelah dari Dentsu kami menuju ke Wing Heng untuk Alumni Talks dan mendapat banyak insight baru dari kakak kakak alumni DKV dan anak magang yang sedang berada di Jakarta.
Hari terakhir kami menuju ke kawasan Kota Tua untuk melihat pemandangan Jakarta Tempo dulu. Ada banyak keseruan dan banyak tempat yang dapat di eksplor serta banyak spot foto yang menarik disana. Setelah puas berjalan-jalan di Kota Tua, kami menuju ke Bandara Soekarno Hatta untuk makan siang, membeli oleh-oleh dan bersantai sebelum pulang. Secara keseluruhan SE adalah kegiatan yang sangat bermanfaat karena kita dapat melihat keadaan dan situasi kerja di Ibukota serta mendapatkan banyak ilmu serta pengalaman di sana.