Perancangan Media Kreatif Kampung Tangguh Kec. Semampir

14 Jun 2021

Pada masa pandemi ini, DKV UK Petra berkesempatan untuk bekerjasama dengan Yayasan GNI (Gugah Nurani Indonesia) https://gnindonesia.org dalam mendukung Gerakan Kampung Tangguh yang diadakan di 5 Kelurahan di Kecamatan Semampir: Kel. Wonokusumo, Kel. Ujung, Kel. Ampel, Kel. Pegirian, dan Kel. Sidotopo. Kegiatan yang dilaksanakan ini berupa Service Learning dengan melibatkan 188 mahasiswa DKV UK Petra. Para mahasiswa dapat secara langsung mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di mata kuliah Media Komunikasi Visual ke dalam kegiatan nyata berupa pembuatan Media Kreatif untuk mendukung Gerakan Kampung Tangguh di Kecamatan Semampir.

Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi pentingnya protokol kesehatan untuk diaplikasikan pada seluruh aspek kehidupan dalam menghadapi new normal baik mulai dari dewasa hingga anak-anak. Sehingga dalam pembuatan desain, ada media yang akan ditujukan untuk anak-anak, remaja, bapak-bapak, ibu-ibu, yang juga disesuaikan dengan karakteristik masing-masing kelurahan berdasarkan hasil riset. Media yang didesain ini mengangkat tema MAIN, baik itu berarti ‘utama’, ‘bermain’, maupun berarti singkatan protokol kesehatan berikut:

MAIN:

M - Maskeran

A - Ambil jaraknya

I - Ingat cuci tangan

N - Nyaman semuanya

Seluruh rangkaian media dibuat agar interaktif, berintegrasi, dan menyesuaikan dengan masing-masing kelurahan. Sehingga terdapat 5 rangkain desain media kreatif yang unik dan berbeda untuk ke 5 Kelurahan di Kecamatan Semampir. Setiap kelurahan tersebut dibuatkan berbagai macam jenis media yaitu: Unconventional Spanduk, Printed Mural, Game Lantai (Paving Mural), Taplak Meja, Sticker, Brosur Interaktif, Kaos, Jingle dan Video Musik. Seluruh media kreatif telah direalisasikan, dinikmati oleh warga Kecamatan Semampir, dan dilaunching pada akhir Maret 2021 dengan liputan dari SBO TV (Saksikan liputan selengkapnya di: https://youtu.be/F00afQYq3LQ). (TIM ADV)(RVN)


Close previewer